Search

Sri Mulyani Pastikan Dirjen Pajak Baru Dilantik Besok

Sri Mulyani Pastikan Dirjen Pajak Baru Dilantik Besok

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan pelantikan Direktur Jenderal Pajak baru pengganti Robert Pakpahan akan dilakukan besok, Jumat (31/10/2019) pagi.

"Besok," ujar Sri Mulyani di Pacific Place, Kamis (31/10/2019).

Sebagai informasi, masa jabatan Robert Pakpahan sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Kementerian Keuangan akan berakhir hari ini, Kamis (31/10/2019). Robert yang genap berusia 60 tahun pada 20 Oktober 2019 lalu telah memasuki masa pensiun.


Sri Mulyani Indrawati sebelumnya mengatakan telah mengantongi sejumlah nama yang akan menggantikan Robert. Nama tersebut telah disampaikan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Sri Mulyani Pastikan Dirjen Pajak Baru Dilantik BesokFoto: Dirjen Pajan Robert Pakpahan saat memberikan keterangan pers APBN KiTa (CNBC Indonesia/Iswari Anggit)

Namun, bendahara negara ini enggan menyebutkan nama calon pengganti Robert.

"Nanti waktu pak Robert selesai pensiun akhir bulan ini, insya Allah kita sudah akan punya Dirjen Pajak baru yang akan dilantik persis saat pak Robert selesai," tegasnya saat acara serah terima jabatan Menkeu pada pekan lalu.

Adapun pemilihan Dirjen Pajak ternyata melalui beberapa tahap dengan waktu yang tidak ditentukan. Proses pertama akan dilakukan dengan pemilihan beberapa nama oleh Menteri Keungan Sri Mulyani Indrawati untuk diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Proses selanjutnya adalah dilakukan pengujian oleh tim penilaian akhir. Lalu yang lolos akan diumumkan melalui Keputusan Presiden (Kepres).

"Pemilihan pejabat eselon satu berdasarkan atas usulan Menteri. Usulan tersebut kemudian pengujian oleh tim penilai akhir dimana Presiden sebagai ketua, wakil ketua yaitu Wakil Presiden dan sekretarisnya Menteri Sekretaris Kabinet," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, Nufransa Wira Sakti kepada CNBC Indonesia.

"Setelah itu, akan dipilih satu nama melalui Keputusan Presiden," lanjutnya. (dru)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sri Mulyani Pastikan Dirjen Pajak Baru Dilantik Besok"

Post a Comment

Powered by Blogger.