Search

GM Hengkang dari RI dan PHK Pekerja, Berapa Karyawannya?

GM Hengkang dari RI dan PHK Pekerja, Berapa Karyawannya?

Jakarta, CNBC Indonesia - General Motors (GM) menyatakan akan menghentikan penjualan kendaraan di Indonesia pada akhir Maret 2020. Dampaknya, karyawan GM terancam Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dampak dari kebijakan hengkang dari pasar Indonesia ini.

Setidaknya ada 20 tenaga kerja GM di Indonesia akan terkena PHK. Angka itu berdasarkan jumlah tenaga kerja yang diklaim Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Putu Juli Ardika.

"Segmen pasarnya sangat terbatas untuk menjalankan bisnisnya di Indonesia dengan karyawan sebanyak 20 orang," kata Putu kepada CNBC Indonesia, Senin (28/10/2019).

President GM Asia Tenggara, Hector Villarreal, dalam keterangan resminya mengatakan, GM akan memberikan pesangon yang sesuai dalam proses peralihan ini.

"Kami juga berkomitmen untuk membantu para pihak dalam proses peralihan ini," kata Hector Villarreal.

Ia mengatakan bahwa keputusan menghentikan penjualan kendaraan di Indonesia diambil setelah melalui serangkaian pertimbangan yang menyeluruh dari berbagai rencana bisnis yang memungkinkan bagi GM Indonesia, di masa yang akan datang. Selain itu, keputusan ini bagian dari kebijakan GM secara global.

CNBC Indonesia mencoba mengonfirmasi masalah PHK yang akan dihadapi karyawan GM ke Kementerian Ketenagkerjaan melalui Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja, Haiyani Rumondang, dan Direktur Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial, John Daniel Saragih. Sementara itu, pihak GM Indonesia belum dikonfirmasi.

Namun, hingga berita ini ditulis, sambungan telepon dan pesan singkat yang dikirimkan belum mendapatkan tanggapan. (hoi/hoi)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "GM Hengkang dari RI dan PHK Pekerja, Berapa Karyawannya?"

Post a Comment

Powered by Blogger.