Search

SKK Masih Tunggu Chevron Soal Kepastian Proyek IDD

SKK Masih Tunggu Chevron Soal Kepastian Proyek IDD

Jakarta, CNBC Indonesia - Proyek pengembangan laut dalam Indonesia (Indonesia Deep Water Development/IDD) masih menyisakan sejumlah teka-teki.

Bulan lalu, ribut-ribut soal akan hengkangnya Chevron sebagai operator dari proyek jumbo ini menghangat. Sempat disebut, nasib proyek yang menentukan masa depan gas dalam negeri ini bakal jelas di bulan ini. Namun, kenyataannya SKK Migas masih menutup rapat tentang perkembangan proyek.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) masih terus membahas pengerjaan proyek ultra laut dalam/Indonesia Deepwater Development (IDD).

"Ya sebentar lagi, kan kontraknya habis sampai 2023 kan, kita tunnggulah dari kontraktor. Ini masih diskusi," ujar Kepala SKK Migas Dwi Soetipto saat dijumpai di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (26/8/2019).

Sebelumnya, Dwi pernah menuturkan, kondisi saat ini memang persetujuan revisi rencana pengembangan (POD) masih belum bisa diselesaikan, sebab masih dilakukan diskusi mengenai insentif.

"Ya kan namanya juga kontraktor, ingin (split) yang lebih tinggi," imbuhnya.

Sebelumnya, Dwi mengakui, pembahasan masalah split tersebut memang tidak mudah dan alot. Sebab, hingga saat ini skema kontrak bagi hasil dalam proyek ini masih menggunakan cost recovery hingga 2028, setelah perpanjangan kontrak, barulah menggunakan skema gross split.

SKK Masih Tunggu Chevron Soal Kepastian Proyek IDDFoto: Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto (CNBC Indonesia/Anastasia Arvirianty)

Dengan skema gross split, maka pendapatan/produksi dibagi antara pemerintah dan kontraktor. Pemerintah juga tidak berbagi risiko biaya produksi dan hanya menerima bagian dari pendapatan kotor penjualan. Adapun cost recovery, keuntungan dibagi antara pemerintah dan kontraktor dan keduanya juga berbagi risiko biaya.

Kendati demikian, tambah Dwi, pihaknya menargetkan, penentuan besaran split IDD tersebut harus rampung di semester I tahun ini.

(gus/gus)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "SKK Masih Tunggu Chevron Soal Kepastian Proyek IDD"

Post a Comment

Powered by Blogger.