Search

Mimpi Ibu Kota Baru: MRT Sampai 'Karpet Merah' Mobil Listrik

Mimpi Ibu Kota Baru: MRT Sampai 'Karpet Merah' Mobil Listrik

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa ibu kota baru bakal dilengkapi infrastruktur transportasi massal. Angkutan massal seperti Moda Raya Terpadu (MRT), Light Rail Transit (LRT) dan Bus Rapid Transit (BRT) bakal dikembangkan.

"Jadi pembangunan ini merupakan rencana jangka panjang. Kita akan bangun secara bertahap," kata Budi Karya melalui keterangan tertulis yang dikutip CNBC Indonesia, Kamis (29/8/2019).

Wacana tersebut digagas setelah Kalimantan Timur (Kaltim) dipilih oleh Presiden RI Joko Widodo menjadi ibu kota baru pengganti DKI Jakarta. Poin penting yang diperhatikan adalah aspek konektivitas dan integrasi.

 

"Di ibu kota baru nanti, kami akan siapkan konektivitas transportasi yang terintegrasi antar modanya melalui angkutan massal dan berkonsep ramah lingkungan atau minim emisi," bebernya

Dia menegaskan, Kemenhub berkomitmen untuk mengutamakan pembangunan infrastruktur transportasi massal agar di ibu kota yang baru nanti angkutan massal menjadi pilihan utama bagi masyarakat untuk bertransportasi.

 

"Jadi memang kita konsisten untuk transportasi (berbasis) kendaraan massal untuk menekan penggunaan kendaraan pribadi. Kalau pun ada kendaraan pribadi, saya inginkan kendaraan bertenaga listrik yang beroperasi," imbuhnya.

(hoi/hoi)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mimpi Ibu Kota Baru: MRT Sampai 'Karpet Merah' Mobil Listrik"

Post a Comment

Powered by Blogger.