Search

Bos OJK Sebut Serapan Tenaga Kerja Terampil Bakal Anjlok 22%

Bos OJK Sebut Serapan Tenaga Kerja Terampil Bakal Anjlok 22%

Jakarta, CNBC Indonesia- Selain membawa perkembangan ekonomi, hadirnya revolusi industri 4.0 juga dinilai berdampak negatif. Pemerintah dan pemangku kebijakan diharapkan dapat melakukan mitigasi dengan paradigma baru.

Hal tersebut disampaikan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso dalam pidatonya yang berjudul Revolusi Digital: New Paradigm di Bidang Ekonomi dan Keuangan.

Pidato disampaikan dalam pengukuhannya sebagai guru besar tidak tetap pertama Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).


Dalam pidatonya, Wimboh mengatakan kehadiran teknologi memaksa pemerintah mengubah paradigma dalam pengawasan dan pengaturan sektor jasa keuangan. Alasannya, arus informasi menjadi lebih cepat dan semakin terbuka.

"Asumsi ekonomi fundamental jangka panjang sudah tidak relevan lagi. Siklus ekonomi lebih unpredictable sehingga risiko besar harus kita waspadai," kata Wimboh dalam pengukuhan guru besar di Auditorium GPH Haryo Mataram UNS, Senin (26/8/2019).

Risiko tersebut antara lain adanya persaingan antara tenaga kerja dengan mesin. Diperkirakan permintaan tenaga kerja terampil akan berkurang hingga 22%.

"Ini menjadi tantangan bagi kita semua. Karena undang-undang dan peraturan sudah tidak dapat menjangkau lagi," katanya.

Untuk itu, Wimboh menekankan pentingnya pendekatan yang tepat dalam memformulasikan regulasi dan pengawasan. Dengan demikian, inovasi keuangan tetap berkembang namun dalam stabilitas sektor jasa keuangan tetap terjaga.


Dia mencontohkan inovasi keuangan tersebut ialah financial technology (fintech). Teknologi keuangan ini dinilai menjadi alternatif yang dapat melayani masyarakat hingga ke golongan menengah ke bawah yang selama ini dinilai unbanked.

"Beberapa pendekatan yang dapat diadopsi, pertama ialah mendorong transparansi dalam penyelenggaraan usaha fintech. Kedua, mendorong penyelenggaraan fintech yang sustain dalam jangka panjang. Ketiga, mewujudkan smooth transition dalam persaingan untuk memitigasi distorsi," ujarnya.

[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bos OJK Sebut Serapan Tenaga Kerja Terampil Bakal Anjlok 22%"

Post a Comment

Powered by Blogger.