Search

Hati-hati! Sedikit Lagi IHSG ke Zona Merah

Hati-hati! Sedikit Lagi IHSG ke Zona Merah

Jakarta, CNBC Indonesia - Mengawali perdagangan hari ini dengan apresiasi sebesar 0,18% ke level 6.289,65, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terus bergerak di zona hijau hingga tengah hari. Namun, perlahan tapi pasti IHSG bergerak menuju ke zona merah. Per akhir sesi satu, penguatan IHSG hanya tersisa 0,04% ke level 6.280,93.

Saham-saham yang berkontribusi signifikan dalam mendongkrak kinerja IHSG di antaranya: PT Telekomunikasi Indonesia Tbk/TLKM (+0,46%), PT Unilever Indonesia Tbk/UNVR (+0,37%), PT AKR Corporindo Tbk/AKRA (+4,17%), PT Bank Mandiri Tbk/BMRI (+0,36%), dan PT Kalbe Farma Tbk/KLBF (+0,62%).

Kinerja IHSG senada dengan mayoritas bursa saham utama kawasan Asia yang juga sedang ditransaksikan menguat. Hingga berita ini diturunkan, indeks Nikkei naik 0,19%, indeks Hang Seng menguat 0,05%, indeks Straits Times terapresiasi 0,03%, dan indeks Kospi bertambah 0,65%. Sementara itu, indeks Shanghai jatuh 0,33%.

Rilis data ekonomi AS yang menggembirakan menjadi faktor utama yang memantik aksi beli di bursa saham Benua Kuning. Kemarin (27/8/2019), angka indeks keyakinan konsumen AS periode Agustus 2019 diumumkan di level 135,1 oleh The Conference Board, jauh mengalahkan ekspektasi yang sebesar 129,3, seperti dilansir dari Forex Factory.

Tingginya angka IKK menunjukkan bahwa masyarakat AS memandang dengan sangat positif perekonomian di sana, serta mengindikasikan bahwa mereka akan mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk aktivitas konsumsi.

Mengingat lebih dari 50% perekonomian AS dibentuk oleh konsumsi rumah tangga, tentu tingginya indeks keyakinan konsumen menjadi kabar baik bagi perekonomian Negeri Paman Sam, sekaligus perekonomian dunia.

Di sisi lain, aksi beli yang dilakukan oleh pelaku pasar dibatasi oleh sikap China yang mulai berang dengan klaim sepihak dari Presiden AS Donald Trump. Bahkan, hal tersebut sampai membuat indeks Shanghai menghuni zona merah.

Berbicara di hadapan reporter di sela-sela pertemuan dengan para pimpinan negara-negara Group of Seven (G-7) di Prancis, Trump menyebut bahwa kedua negara akan mulai berbincang dengan sangat serius.

"China menelepon delegasi tingkat tinggi kami di bidang perdagangan tadi malam dan mengatakan 'mari kembali ke meja perundingan' sehingga kami akan melakukannya dan saya rasa mereka ingin melakukan sesuatu. Mereka telah sangat tersakiti namun mereka sadar bahwa inilah langkah yang tepat untuk dilakukan dan saya memiliki rasa hormat yang besar untuk itu. Ini adalah perkembangan yang sangat positif untuk dunia," kata Trump, dilansir dari CNBC International.

Namun kemudian, pihak China membantah bahwa pembicaraan via sambungan telepon itu dilakukan. Kemarin malam waktu setempat, China kembali buka suara. China kembali menegaskan bahwa perbincangan melalui sambungan telepon yang dibangga-banggakan oleh Trump tersebut tidak pernah terjadi.

"Saya belum mendengar kejadian terkait dua sambungan telepon yang disebut oleh pihak AS pada akhir pekan," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang, dilansir dari CNBC International.

China kemudian mengungkapkan kekecewaannya terhadap keputusan AS yang kembali menetapkan bea masuk yang lebih tinggi bagi importasi produk asal China. Menurut Beijing, langkah AS tersebut sama sekali tak konstruktif.

"Sangat disayangkan bahwa AS telah lebih lanjut menaikkan bea masuk bagi produk ekspor China ke AS. Tekanan yang ekstrim ini benar-benar berbahaya bagi kedua belah pihak dan sama sekali tidak konstruktif," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang, dilansir dari CNBC International. (ank/hps)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hati-hati! Sedikit Lagi IHSG ke Zona Merah"

Post a Comment

Powered by Blogger.