Search

Jersey Nomor 21 Jokowi, Piala Dunia, dan 'Berkah' Pirlo

Jersey Nomor 21 Jokowi, Piala Dunia, dan 'Berkah' Pirlo

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi satu-satunya pemimpin negara ASEAN yang mendapatkan nomor punggung berbeda dari Presiden FIFA Gianni Infantino. Kejadian ini di sela-sela Penandatanganan Nota Kesepahaman ASEAN dengan FIFA, Bangkok, 2 November 2019.

Sejumlah pemimpin negara ASEAN berpose dengan mengangkat jersey biru berlatarkan nomor punggung yang disertai nama masing-masing pemimpin negara.

Tujuh di antaranya mendapatkan jersey bernomor punggung 9, dua lainnya mendapatkan nomor punggung 10. Hanya Jokowi yang mendapatkan nomor punggung 21. Perbedaan ini membuat para pemimpin negara ASEAN bertanya-tanya saat berada di atas panggung.


Salah seorang delegasi FIFA yang hadir dalam pertemuan menjelaskan, bahwa nomor punggung 9 diperuntukkan bagi para kepala pemerintahan. Nomor punggung 10 diberikan kepada para kepala negara.

Adapun khusus untuk Jokowi, diberikan nomor punggung 21. Lantas, apa makna dari nomor punggung tersebut?

Delegasi FIFA itu menyebutkan, nomor punggung tersebut merupakan makna keberhasilan Indonesia yang telah ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang.

Dalam sepakbola, nomor punggung 21 identik dengan eks gelandang Juventus dan tim nasional Italia, Andrea Pirlo. Maestro, julukan Pirlo memang menjadikan nomor tersebut sebagai nomor favoritnya.

"Ayah saya lahir tanggal 21. Angka tersebut juga tanggal pernikahan saya dan tanggal debut saya di Serie-A," kata Pirlo dalam autobiografinya yany dirilis di 2013.

"Saya selalu mengenakan nomor itu sejak awal dan saya tidak pernah menggantinya," ujarnya menambahkan.

Kiprah Pirlo selama berkarier pun tidak bisa dianggap sepele. Ia adalah pemimpin di dalam dan luar lapangan, maupun penendang tendangan bebas kelas wahid dan memiliki inteligensi yang tinggi.

Publik mengenalnya sebagai seorang Maestro; karena ia dapat memanfaatkan celah sesempit mungkin untuk mengirimkan umpan yang akurat melalui posisinya sebagai deep lying playmaker.

Semoga saja nomor punggung tersebut memberikan berkah bagi Indonesia, seperti kisah kesuksesan Pirlo ketika masih menjadi pemain, dan bagi Indonesia tentu diharapkan jadi 'berkah' tuan rumah Piala Dunia U-20.

[Gambas:Youtube]

 

(hoi/hoi)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jersey Nomor 21 Jokowi, Piala Dunia, dan 'Berkah' Pirlo"

Post a Comment

Powered by Blogger.