Search

Kapan Sih AS-China Mau Teken Kesepakatan? Bosan Nunggunya...

Kapan Sih AS-China Mau Teken Kesepakatan? Bosan Nunggunya...

Jakarta, CNBC Indonesia - Pasar keuangan Indonesia ditutup melemah pada perdagangan kemarin. Minimnya sentimen yang beredar di pasar membuat investor menahan diri.

Kemarin, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup minus 0,73%. Meski indeks saham Asia lainnya juga cenderung melemah, tetapi kinerja IHSG menjadi salah satu yang terburuk.


Rupiah pun bernasib serupa. Mata uang Tanah Air mengakhiri perdagangan pasar spor dengan depresiasi 0,07% di hadapan dolar Amerika Serikat (AS).

Seperti halnya di pasar saham, mayoritas mata uang utama Asia pun melemah. Namun pelemahan mata uang Asia tipis-tipis saja.


Sebenarnya kemarin ada kabar baik seputar hubungan AS-China. Isu ini memang begitu dominan di pasar dalam beberapa waktu terakhir.

Reuters mengabarkan, tim negosiator AS-China mengadakan kontak melalui sambungan telepon. Tidak main-main, yang berbicara adalah para pemain kunci negosiasi dagang baik di sisi Washington maupun Beijing.

China diwakili oleh Perdana Menteri Liu He, Menteri Perdagangan Zhong Shan, dan Gubernur Bank Sentral (PBoC) Yi Gang. Sementara AS ada Kepala Kantor Perwakilan Dagang Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin.

"China dan AS sepakat untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada," demikian sebut pernyataan Kementerian Perdagangan China.

Pelaku pasar begitu menantikan kapan AS-China akan meneken kesepakatan damai dagang Fase I. Namun sampai sekarang belum ada kejelasan.

"Invesor memang masih harus waspada, terutama terhadap isu dialog dagang. Ingat, jika AS-China tidak bisa menemukan kata sepakat sebelum 15 Desember, maka kenaikan tarif bea masuk di AS akan berlaku sehingga tensi dagang akan meninggi lagi," kata Lukman Otunuga, Senior Research Analyst di FXTM, seperti diberitakan Reuters.

Situasi yang masih tidak pasti ini membuat investor undur diri. Bahkan di pasar saham, investor asing membukukan jual bersih sampai Rp 1,57 triliun di seluruh pasar. Wow.

 

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kapan Sih AS-China Mau Teken Kesepakatan? Bosan Nunggunya..."

Post a Comment

Powered by Blogger.