Search

Alternatif, Pertamina Tawarkan Kilang Balikpapan ke Aramco!

Alternatif, Pertamina Tawarkan Kilang Balikpapan ke Aramco!

Jakarta, CNBC Indonesia- Sampai saat ini nasib investasi kilang Cilacap masih belum ada kepastian. Namun, PT Pertamina (Persero) memastikan investasi Saudi Aramco tak akan lepas begitu saja dan akan masuk ke Indonesia.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan perusahaan menawarkan dua opsi ke Saudi Aramco. Opsi pertama adalah tawaran investasi kilang Cilacap yang masih dinegosiasikan untuk nilai valuasinya. Kedua, Pertamina menyiapkan kilang Balikpapan sebagai alternatif.

"Kalau tidak sepakat dengan valuasi, ada skema yang sama dengan Balikpapan," kata dia. Skema ini menawarkan kilang yang eksisting tidak dispin-off tapi tetap bangun kilang sendiri.


Investasi kilang Cilacap memang masih menanti hitungan pasti yang sedang diaudit oleh lembaga audit. Ada selisih nilai valuasi antara PT Pertamina (Persero) dan calon investor raksasa Saudi Aramco. Nilai awal, investasi diperkirakan bisa mencapai US$ 5,6 miliar atau setara Rp 78,4 triliun dengan asumsi kurs Rp 14.000/US.

Selisih ini artinya ada kemajuan di lobi beberapa waktu ini. Semula valuasi nilai yang diajukan adalah US$ 5,6 miliar lalu ditawar oleh Saudi Aramco menjadi US$ 2,8 miliar, artinya ada perbedaan nilai 2 kali lipat. Jika tersisa selisih US$ 1,5 miliar dari valuasi, artinya lobi sudah digenjot ke angka US$ 4,1 miliar.

Ketika kilang Cilacap berhasil di revitalisasi melalui Refinery Development Master Plan (RDMP), kapasitas produksi minyak dapat terangkat dari 348.000 bpd menjadi 400.000 bpd.

[Gambas:Video CNBC]

(gus/gus)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Alternatif, Pertamina Tawarkan Kilang Balikpapan ke Aramco!"

Post a Comment

Powered by Blogger.