Search

Luhut Usul TPPI Jadi BUMN, Ini Kata Erick Thohir

Luhut Usul TPPI Jadi BUMN, Ini Kata Erick Thohir

Jakarta, CNBC Indonesia- Pabrik petrokimia yang baru saja diakuisisi oleh pemerintah, yakni PT Tuban Petrochemical Industry (TPI) kembali menjadi sorotan. Selesai urusan utang dengan negara, kini hangat soal wacana agar perusahaan ini bisa jadi pelat merah.

Usulan ini pertama kali datang dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. "TPI tadi sudah kita usulin supaya jadi BUMN sendiri," kata Luhut di kompleks Istana Kepresidenan, akhir bulan lalu.


Terkait usulan tersebut, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir pun buka suara. Menurutnya, terkait TPPI juga perlu keputusan dari Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto.

"Prosesnya akan berjalan, restructuring segala, cuma nanti menunggu keputusan beliau dalam dua minggu. Kan hari ini baru laporan, jadi belum ada informasi apa-apa," ujarnya saat dijumpai di Kantor Menko Perekonomian, Selasa (5/11/2019).

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan saat ini pemerintah masih membahas soal struktur TPPI, apalagi perusahaan ini telah menjadi bagian dari Pertamina yang menjadi pemilik saham terbesar. "Kan sudah jadi bagian dari BUMN karena saham terbesarnya milik Pertamina, nanti opsinya seperti apa kita lihat."

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya telah meneken Peraturan Pemerintah (PP) 66/2019 tentang Penambahan PMN Republik Indonesia ke Dalam Modal Saham TPI

Dengan ditekennya beleid tersebut, utang PT Tuban Petrochemical Industries yang mencapai Rp 2,62 triliun kini dikonversi menjadi 157,91 ribu lembar saham.

Mengutip pertimbangan PP yang diterbitkan pada 23 September lalu, Jokowi menyebut PMN tersebut dilakukan untuk pengembangan industri petrokimia dan memperbaiki struktur modal perusahaan.

[Gambas:Video CNBC]

(gus/gus)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Luhut Usul TPPI Jadi BUMN, Ini Kata Erick Thohir"

Post a Comment

Powered by Blogger.