Search

Grab Kontribusi Rp 8,9 T ke Ekonomi Surabaya, Ini Rinciannya!

Grab Kontribusi Rp 8,9 T ke Ekonomi Surabaya, Ini Rinciannya!

Jakarta, CNBC Indonesia - Teknologi super app terkemuka Asia Tenggara, Grab terbukti membawa kontribusi positif ekonomi dan sosial bagi Surabaya dengan menyumbang Rp 8,9 triliun sepanjang tahun 2018.

Adapun kontribusi tersebut melalui penciptaan lapangan kerja dan peningkatan pendapatan mitra GrabCar, GrabBike, mitra merchant GrabFood dan agen GrabKios. Demikian hasil riset dari centre for Strategic and International Studies (CSIS) dan Tenggara Strategics.

"Kontribusi terbesar dihasilkan oleh mitra GrabFood sejumlah Rp 4,2 triliun," kata Ekonom Tenggara Strategic, Yose Rizal Damuri di Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Selanjutnya, kontribusi kedua disumbang oleh GrabBike sebesar Rp 3,5 triliun, GrabCar senilai Rp 1,1 triliun dan GrabKios individual dan toko sebesar Rp Rp 49 miliar. Hasil riset juga menunjukkan pendapatan mitra GrabBike meningkat hingga 144% dan GrabCar sebesar 114%.


Penjualan mingguan mitra merchant GrabFood juga tercatat mengalami peningkatan sebesar 34%. Selain meningkatkan pendapatan para mitra, Grab juga berkontribusi dalam penciptaan lapangan kerja, tercatat 38% mitra pengemudi GrabBike, 40% agen individual GrabKios, serta 35% mitra pengemudi GrabCar yang sebelumnya tidak memiliki penghasilan, kini dapat memperoleh penghasilan setelah bermitra dengan Grab.
Deputy Head of Public Affairs, Grab Indonesia, Tirza Reinata Munusamy mengatakan Indonesia siap menjadi salah satu ekonomi terbesar di Asia, namun pada kenyataannya tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk ikut tumbuh bersama.

Jika sektor swasta secara aktif menciptakan program-program untuk komunitas lokal, maka teknologi dapat lebih dijangkau oleh lebih banyak orang, dan proses pembelajaran keterampilan-keterampilan baru dapat dengan segera mengubah kehidupan lebih banyak orang di Indonesia.

"Grab ingin membangun sebuah platform yang inklusif, dan telah menjadi komitmen kami untuk menciptakan dampak positif dan berkelanjutan di setiap negara tempat kami beroperasi. Grab for Good," ujarnya.


Sebagai informasi, kehadiran Grab di Indonesia dan Asia Tenggara memberi kontribusi ekonomi dan sosial. Di Indonesia misalnya, kontribusi Grab mencapai Rp 48,9 triliun melalui pendapatan mitranya. Angka ini merupakan bagian dari kontribusi Grab di Asia tenggara sebesar Rp 81,5 triliun.

[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Grab Kontribusi Rp 8,9 T ke Ekonomi Surabaya, Ini Rinciannya!"

Post a Comment

Powered by Blogger.