Search

Fokus Urusan Negara, Alasan Jokowi tak Hadiri Sidang PBB

Fokus Urusan Negara, Alasan Jokowi tak Hadiri Sidang PBB

Jakarta, CNBC Indonesia- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memiliki alasan mengapa ia tidak hadir dalam sidang umum PBB di New York yang tengah berlangsung saat ini.

"Saya ingin sampaikan bahwa dalam lima tahun kepemimpinan Pak Jokowi, beliau kan lebih berkonsentrasi untuk fokus urusan dalam negeri, tapi kan tidak berarti presiden tidak memikirkan tentang kebijakan politik luar negeri, " ujar Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin sebagaimana dilansir dari Detik.com, Minggu (29/9/2019).

Namun, ia memastikan Jokowi tetap memantau perkembangan sidang PBB. Baik menanyakan langsung ke Wakil Presiden Jusuf Kalla ataupun melalui Menteri Luar Negeri.


"Dan setiap pelaksanaan PBB presiden juga selalu memantau perkembangannya ya, hari per hari, jam per jam, baik itu berkomunikasi langsung dengan wakil presiden maupun presiden menerima laporann dari Menlu Ibu Retno," katanya.

Menurutnya baik presiden ataupun wakil presiden merupakan satu kesatuan. Ia pun menilai wajar jika Jokowi berhalangan sang wapreslah yang kemudian mewakilinya.

Ngabalin pun memastikan jika tak ada aral melintang, Jokowi akan hadir di sidang PBB berikutnya.

"Kalau terkait dengan agenda kemarin jangan lupa bahwa presiden dan wakil presiden itu kan satu paket pemimpin lembaga di DPR. Sehingga dalam hal yang penting tentu beliau berdua, membagi tugas yang sangat banyak sehingga isu dalam negeri itu bisa tertangani, tapi tetap dalam urusan luar negeri itu kan Indonesia aktif, insya allah tidak ada aral melintang saya percaya dan yakin akan merencanakan kehadiran beliau di masa mendatang, artinya dalam agenda sidang PBB di masa akan datang, beliau merencanakan untuk hadir," tuturnya.

Sebelumnya, dalam sidang Umum ke-75 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) kembali digelar di New York, JK emngaku banyak yang bertanya soal keberadaan Presiden Jokowi.

"Semua menanyakan, 'mana, Pak Joko?'," kata JK di markas PBB. Selama 2014-2019, Jokowi selalu meminta JK yang menghadiri sidang Majelis Umum PBB.

JK pun mengatakan sebenarnya Jokowi berniat untuk datang. Namun sayangnya, karena kesibukan di dalam negeri, sang presiden berhalangan hadir.

(sef/sef)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Fokus Urusan Negara, Alasan Jokowi tak Hadiri Sidang PBB"

Post a Comment

Powered by Blogger.